Minggu, 07 Juli 2013

Soal Dan Jawaban Ujian Interaksi Manusia Komputer

Soal Dan Jawaban Ujian Interaksi Manusia Komputer

21 Jan
 1. Jelaskan tentang terminologi pengertian Ilmu interaksi manusia dan komputer.?
Jawab : Merupakan satu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem. Atau dengan kata lain IMK yaitu:
  • Sekumpulan proses, dialog dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer.
  • Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena fenomena di sekitar manusia itu sendiri.
  • Suatu studi ilmiah tentang masyarakat di dalam lingkungan kerjanya.
2. Apa tujuan dari pemahaman aspek-aspek suatu interaksi manusia dan komputer.?
Jawab: Agar dicapai suatu kondisi yang senyaman mungkin ketika seseorang harus bekerja di depan komputer untuk selang waktu yang cukup lama.
3. Untuk menghasilkan suatu interface yang baik dalam sebuah perancangan, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan.?
Jawab: 
  • Berfokus pada keterampilan user.
  • Mengembangkan kriteria pengguna secara spesifik.
  • Menggunakan aturan yang terukur.
  • Berulang. Rancang, bangun, evaluasi dan kemudia rancang ulang, bangun kembali, re-evaluasi.
4. Uraikan Fakto-faktor IMK yang terdapat pada blog anda.?
Jawab: 
  • Faktor Multimedia
Dalam blog saya terdapat beberapa yang mendukung dari faktor multimedia, diantaranya berupa gambar. Ada beberapa gambar pada setiap postingnya, gambar tersebut yang akan dideskripsikan kedalam sebuah tulisan.
  • Faktor Ergonomik
Faktor ini juga mendukung dalam blog saya, karena dalam mengerjakan blog tersebut berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan kenyamanan dalam menyelesaikan blog ini.
  • Faktor Teknik penulisan
Di dalam blog ini. cukup mudah bagi user atau si pengguna, untuk berinteraksi, karena ada beberapa menu-menu yang cukup mudah untuk diakses atau digunakan.
5. Sebutkan jenis-jenis menu yang ada pada blog tersebut.?
Jawab: Jenis-Jenis menunya antara lain
  • Menu tool bar
  • Side bar
  • Menu Comment
  • Menu tampilan Posting atau tulisan
6. Jelaskan tentang Computer Supported Cooperative Work.?
Jawab: Adalah bidang studi yang berfokus pada rancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung proses sosial kerja, shering diantara mitra yang berjauhan.
7. Sebutkan dan jelaskan min 10 contoh groupware yang anda ketahui.?
Jawab: 
  • Email : email merupakan groupware tersukses yang pernah ada Email termasuk jenis komunikasi yang asynchronous (berbeda waktu) dan remote  (berbeda tempat). Komponennya terdiri dari alamat tujuan (To), salinan (Cc)  juga disertai dengan penanda waktu kirim.
  • Instant Messanger : Instant messenger seperti yahoo messenger merupakan suatu fasilitas untuk mengirim pesan berbasis internet yang mendapat umpan balik secara langsung, selain itu juga bisa berkirim file, suara dan video dengan adanya fasilitas web camera.
  • SMS: Layanan pengiriman pesan yang dibatasi 160 karakter. Dengan layanan 3G, bisa disertai komunikasi face to face.
  • Konferensi dan Komunikasi video: Untuk berkomunikasi di antara beberapa orang yang terpisah secara lokasi memerlukan biaya yang tidak sedikit serta waktu tempuh yang tidak singkat. Untuk memenuhi kendala tempat, waktu dan biaya tersebut diatasi dengan teknologi video konferensi yang berbasis teknologi satelit. Masing-masing lokasi dalam sebuah sistem video konferensi membutuhkan sarana untuk mengirim dan menerima video yang dikirim melalui satelit.
  • Argumentation Tools : Komunikasi ini berbentuk dua arah dan melihat kontribusi masing-masing. Hal ini dilakukan untuk mengkomunikasikan alasan pengambilan keputusan di antara perancang.
  • Meeting Room: Suatu ruang pertemuan yang dirancang menggunakan peralatan komputer untuk  pertemuan tatap mata. Rancangan ruang ini dapat berbentuk U atau C yang diatur mengelilingi layar monitor dan masing-masing peserta mempunyai masing-masing monitor. Sistem ini mendukung beberapa bentuk pekrjaan seperti penggunaan terminal secara pribadi dan sub group pada kegiatan teleconferencing atau email.
  • Shared work surfaces: Merupakan suatu sistem yang menggunakan efek whiteboard, yakni suatu sistem yang mengatur para peserta menulis dengan  tangan secara langsung ke layar besar. Tulisan ini akan dibuat film dengan kamera atau di capture secara digital dengan  menggunakan layar yang sensitive.Tampilan tulisan satu peserta akan ditampilkan ke peserta yang lain. Variasi yang lain dari shared work surface ini adalah dengan membuat peserta menulis pada suatu kertas pada masing-masing desktop dan dibuat filmnya dari arah atas. Gambar dari masingmasing peserta akan digabungkan dan ditampilkan pada masing-masing layar di area kerja peserta.
  • Shared Editor: Editor ini dapat berbentuk text maupun grafik yang bekerja sama. Bentuk software yang digunakan dalam meeting room dapat berbentuk shared editor tetapi digunakan untuk kerjasama pada dokumen yang normal. Dengan membuat PC dan windows bekerjasama maka user mengharapkan mempunyai maksud yang sama dalam suatu komunikasi, dimana hal ini dapat juga dilaksanakan pada komunikasi secara face to face (co-located), saluran audio dan video atau sekurangnya pada  komunikasi secara tekstual.
  • Shared Diary : Ide dari sistem ini adalah sederhana yakni setiap orang menggunakan shared electronic diary, hal ini berlaku sama jika menggunakan personal komputer dan pocket organizers. Jika ada seseorang ingin membuat pengaturan pertemuan maka sistem akan mencari diaries semua orang untuk menemukan waktu yang kosong.
  • Shared PCs & Windows: Sistem ini difokuskan pada pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama. Ide sistem ini adalah membuat beberapa komputer seolah-olah menjadi satu kesatuan. Apapun yang ditulis akan terlihat pada setiap terminal. Hal ini mirip pada meeting room tetapi tidak terdapat layer besar.
  • Collaborative software : adalah perangkat lunak komputer yang dirancang untuk membantu orang yang terlibat dalam suatu tugas bersama agar mencapai tujuannya. Dengan kata lain adalah mengubah cara berbagi dokumen dan rich media untuk memungkinkan terjadinya kolaborasi tim yang lebih efektif.
8. Tuliskan alamat blog yang anda buat.?
Jawab: Alamat blog: http://muhammadfajar10.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar